Rabu, 27 Januari 2010

TIPS Cerdas dan Pandai

TIPS Cerdas dan Pandai ala IZ's W

1.) Rubah paradigma tentang belajar. Rubah semua paradigma yang salah mengenai belajar, sekarang kita sudah harus mulai cara belajar dari orang-orang pitar di dunia atau di indonesi saja yang deketan. Belajar bukan hanya untuk mendapatkan nilai dan lulus dengan nilai tinggi, tapi bagamana anda bisa menyerap ilmu dari belajar dan menerapkannya di kehidupan nyata demi kebaikan umat manusia. Kareni jika belajar hanya untuk dapat nilai tinggi, anda bisa dengan mudahnya mencontak waktu ujian. Tapi untuk penerapannya, inilah yang sulit jka kita masih mempunyai paradigma yang salah tentang belajar.

2.) Be Creative dalam belajar. Kreatif dalam belajar maksudnya, kita harus melakukan sesutau yangbaru dalam belajar agak tidak bosan belajar dan mencoba mencari teknik belajar yang cocok bagi diri anda. Karena masing-masing orang mempunyai rasa nyaman belajar yang berbeda dan minat berbeda.


3.) Jangan malas membaca dan menulis. Membaca adalah kunci sukses bagi setiap orang sukses, karena belajar tidak hanya didapat dari sekolah. Tapi artikel-artikel yang bertebaran diantara kita seperti Koran, majalah adalah ilmu pengetahuan yang sangat berharga jka membaca artikel yang mengandung pendidikan. Bukan cerita dewasanya.hehe

4.) Terus berlatih, pantang mundur. Pantang menyerah dan terus berlatih dan berusaha adalah kunci sukses bagi semua orang sukses dimanapun bidangnya walaupun hanya pedagang bakso yang sukses.

5.) Dan Berdo’a tentunya! Selain semua usaha kita dan belajar kita untuk menjadi cerdas di sekolah dan sukses dimasa yang akan dating, ada kunci yang paling menentukan ini semua yakni rahmat dan karunia Allah SWT. Maka selalu berdo’a kepada-NYA di saat anda belajar dan berusaha.



Cerdas Membaca dengan SIVA
SIVA merupakan singkatan dari SOMATIK, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL berikut penjelasan lebih rincinya :

1.SOMATIK, berhubungan dengan tubuh atau badan. Artinya membaca itu tidak harus selalu duduk tapi juga bisa dilakukan sambil berdiri sehingga kita bisa membaca dimana saja dalam situasi apapun.
2.AUDIOTORI, berhubungan dengan pendengaran. Maksudnya sesekali kita harus membaca dengan cara dikeraskan suaranya untuk membantu kita dalam menyerap maknanya terutama untuk kata-kata asing. Bagi anda yang ingin bisa lancar berbicara english sering-seringlah membaca dan mengucapkan vocabulary.
3.VISUAL, berhubungan dengan penggambaran. Jadi ketika sedang membaca, usahakan berhenti sejenak untuk membayangkan apa yang dibaca.
4.INTELEKTUAL, yaitu merenugkan apa yang telah dibaca lalu menuliskannya apa kita dapat dari buku tersebut dalam bentuk resensi sangat berguna bila sewaktu-waktu kita memerlukannya