Rabu, 30 November 2011

OSTN SMK 2011 di UGM Jogja (Kontingen DKI Jakarta)

Sudah sebulan berlalu setelah acara penutupan OSTN pada tanggal 28 Oktober 2011 di UGM Jogja. Kali ini saya mempunyai waktu untuk meng-update blog saya dengan artikel tentang OSTN SMK 2011 ini.Merupakan kenangan terindah bagi saya dapat ikut OSTN SMK 2011 bidang FISIKA dan dapat juara 2 nasional. Apalagi kenangan tinggal serumah dengan kontingen bidang lain dari Jakarta juga, sungguh sudah seperti keluarga. Sekarang kita harus berpisah ke sekolah masing-masing dan melanjutkan aktivitas belajar mengajar di sekolah seperi biasa.

Kenangan dimulai dari hasil seleksi tingkat provinsi, saya terpilih menjadi juara 1 bidang fisika se DKI dari SMKN 4 Jakut a.n Irfan ZIdny. Semua kontingen bidang lain, seperti matematika dari SMKN 26 Jaktim a.n Rahmat Muttaqin, matematika non teknik dari SMKN 8 Jaksel Gina Rusdiana, kimia   SMKN 26 Jaktim a.n Tika dan biologi dari SMK Candranaya Jakbar a.n Dian Anggraeni, mempersiapkan diri. Untuk tahun ini sistem pelatihan dan persiapan untuk menuju ke nasional di koordinir oleh Kepala Sekolah SMKN 47 Jaksel a.n Pak Kasminah.



Peatihan dijadwalkan begitu terencana dan mempunyai target tujuan yang cukup jelas. Kami dididik oleh Guru SMA yang sudah terbiasa mengajar anak OSN. Dan juga pernah diajar oleh Dosen. Begitu banyak cara penyelesaian soal dan konsep yang diajarkan dari masing- masing pengajar berbeda-beda. Ketika disekolah kami juga dididik oleh guru pembimbing kami yang ikut ke Jogja juga mendampingi kami.

Semua kontingen berharap-harap cemas agar tanggal pelaksanaan lomba cepat datang karena sudah jenuh hanya latian terus. hahaha Akibatnya tak disangka tanggal pelaksanaannya sudah 2 minggu lagi, kami pun sedang mengikuti pelatihan bagian akhir yang ditutup dengan acara motivasi.

Diknas DKI berharap kami membawa Emas ke Jakarta dan pastinya juara umum. Masing-masing kontingenpun mempunyai tujuan yang sama, yaitu medali emas. Kami berjuang sepenuh tenaga, walaupun stress, ketakutan melanda kita ketika pelaksanaan lomba hari pertama. Kepala Bidang SMK DKI a.n Bu Rita dan Pak Happy memberi semangat kepada kami. Bahkan Bu Rita sampai memberi motivasi dengan mendampingi kami ketika acara lomba hari ke-2 akan dimulai. Itu merupakan dukungan moral yang sangat besar bagi kami. Karena seorang Kepala Bidang SMK mau dekat dengan kami secara langsung.

Tanggal 28 oktober adalah hari terakhir sekaligus pengumuman pemenang dan penutupan acara OSTN SMK 2011 ini.Kami kontingen DKI masuk ke ruang acara pengumunan. Semua Pejabat pendidikan dari DKI yang datang mendukung kami agar bisa menjadi juara umum, kamipun berharap seperti itu. Pengumuman pun dimulai, inilah hasilnya :
1. Matemaika, juara 3
2. Matematika non teknik, juara 1
3. Fisika, juara 2
4. Kimia, juara 5
5. Biologi, juara 1
DKI pun menjadi juara umum. Kami pun menyanyi dan berjoget diatas panggung untuk merayakannya sambil dipoto-poto.

Walaupun target 5 emas tidak tercapai, kami tetap bangga dan semangat. Kami pulang dengan senyum dan disambut oleh Kadin DKI di stasiun gambir bersama wartawan. Sungguh ramai, acara poto-poto dengan wartawan ini cukup lama sambil memejeng piala juara umum yang berhasil didapatkan DKI.

Kenagan kami sangan banyak. Tentu tidak bisa dituliskan disini semua. karena membutuhkan koran sepabrik, dan buku segramedia indonesia untuk menuliskannya diatas kertas. hahaha lebay....!! Selamat untuk DKI atas Juara umunya, semoga generasi berikutnya lebih baik lagi. Amien!