Selasa, 03 Januari 2012

Blog sebagai Wadah Ekspresi Pelajar Pintar dan Modern

Salam Sejahtera Bagi Kita semua.

     Sebelumnya perkenalkan nama saya Irfan Zidny. Siswa SMK Negeri 4 Jakarta. Artikel diblog saya kali ini akan membahas “Blog sebagai Wadah Ekspresi Pelajar Pintar dan Modern”. Kenapa saya pilih judul ini karena dari hemat saya blog pada saat ini digunakan oleh pelajar yang pintar dan modern untuk mengekspresikan bakat, pendapat, minat, hobi mereka kepada sesuatu yang positif. Definisi dari pelajar pintar adalah pelajar yang mempunyai tekad dan keseriusan belajar baik akademik maupun ekstrakulikuler. Dan definisi dari Pelajar modern adalah pelajar yang tidak buta dengan teknologi dan ikut memeriahkan pesta teknologi di indonesia. Sudah cukup jelas bukan latar belakang dan definisi dari tujuan ini. Saya harap ini cukup ilmiah. :)

Saya akan menjelaskan beberapa hal kali ini :
1.Pentingnya Blog sebagai Wadah Ekspresi Pelajar Pintar dan Modern
2.Kenapa harus blog?
3.Manfaat blog itu sendiri
4.Bagaimana dengan isu tentang penyalahgunaan ekspresi dalam blog?

Mari kita bahas satu persatu :

1.Pentingnya Blog sebagai Wadah Ekspresi Pelajar Pintar dan Modern

       Bagi para pelajar pintar dan modern blog itu bukan hal yang tabu lagi. Blog ini digunakan oleh kami sebagai tempat mereka mengekspresikan bakat contohnya seorang pelajar yang suka dengan novel, pasti dia mempunyai blog dan mengisi blognya dengan cerita-cerita novel yang dia buat. Blog ini juga digunakan untuk mereka untuk mengekspresikan pendapatnya, conothnya ketika pelajar akan menghadapi Ujian Nasional atau TES SMPTN, mereka mengekspresikan pendapat mereka tenatang UN yang sangat penting tapi sulit atau SMPTN yang mereka anggap cukup berat bagi dia karena harus bersaing dengan seluruh calon mahasiswa se nasional. Blog ini juga digunakan oleh para pelajar untuk mengekspresikan minat dan hobinya, contoh pelajar yang mempunyai minat dan hobi di bidang teknologi selalu membuat tulisan sendiri mengenai tutorial komputer. Dari penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa blog sangat penting bagi pelajar pintar dan modern. Kalau tidak ada blog, pelajar bingung untuk mengekspresikan dirinya ke dunia.

2.Kenapa harus blog?
      Pasti kalian bertanya kenapa harus blog sebagai wadah ekspresi pelajar pintar dan modern? Kenapa mading sekolah atau buku diari tidak cukup untuk mengekspresikan diri pelajar. Saya akan jelaskan jawabannya.

      Karena blog adalah fasilitas yang modern, tidak ketinggalan jama, mudah untuk di beri style sesuai ekspresi dan yang paling penting adalah dengan blog seluruh dunia dapat melihat ekspresi seorang pelajar. Hebat banget kan fungsi blog ini? Tidak salah kenapa pelajar pintar dan modern lebih memilih blog untuk mengekspresikan dirinya.

3.Manfaat blog itu sendiri
Dari penjelasan di atas ada juga yang menyebutkan beberapa manfaat blog itu sendiri. Tapi kali ini kita akah membahas secara general.

Blog itu bermanfaat untuk :

1). Sebagai tempat belajar menulis artikel. Sebagai pelajar di sekolah, guru bahasa indonesia selalu memberi nasihat agar muridnya dapat menulis artikel dengan kaidah bahasa indonesia yang benar, dan berani mempublish tulisannya ke orang banyak. Blog dapat memberikan layanan itu.

2). Sebagai tempat membaca informasi. Sebagai pelajar di sekolah, selalu digaung-gaungkan dengan prinsip “membaca adalah sumber ilmu”. Dengan adanya blog yang menjadi tempat ekspresi para pelajar, para pelajar di indonesia ataupun di seluruh dunia dapat berbagi ilmu dengan mebaca artikel dari pelajar lain. Ada yang langsung mengujungi blog tersebut ataupun melalui search engine. Powerful banget yah blog ini bagi pelajar untuk berekspresi?

      Dari dua manfaat di atas, menulis dan membaca adalah manfaat utama dari blog. Karena dua alasan itu pula, di buatlah blog oleh para ahli teknologi

4.Bagaimana dengan isu tentang penyalahgunaan ekspresi dalam blog?
      Setelah meledaknya isu tentang PP ataupun hack facebook. Banyak orang yang menyangka kalau blog ini disalahgunakan oleh para pelajar yang secara nature nya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengakses hal tersebut dan belajar hack yang merusak.

      Mengenai ini tentu itu bukanlah ekspresi bloger pelajar yang harus ditiru. Ini terjadi karena beberapa pelajar ini salah mengartikan kebebasan berekspresi dalam ngeblog. Mulai saat ini marilah kita sebagai para pelajar untuk mengekspresikan sesuatu yang baik di blog kita. Karena itu bisa di jadikan cermin bangsa lain dalam melihat kualitas dan martabat pelajar indonesia. Hidup indonesia. :*


     Dari empat poin di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa blog itu sangat penting sebagai wadah ekspresi pelajar pintar dan modern. Blog juga modern dan dapat diakses di seluruh dunia. Manfaat blog itu adalah membaca dan menulis. Mengenai isu penyalahgunaan kebebasan ekspresi ngeblog, marilah kita sikapi itu dengan seksama dan baik. Hidup ekspresi bloger pelajar!


Ekspresi Blogger Indonesia