Kamis, 02 Mei 2013

Museum MH Thamrin Sang Pahlawan dari Betawi

Pada Akhir maret 2013, Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi (FKMB) Mengadakan ORIENTASI KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA. Pada saat itu saya salah satu pesertanya, karena saya mahasiswa Betawi asli juga. :D #bangga Tempat pendaftaran, kumpul sekaligus tes awal nya adalah di Museum MH Thamrin. Karena Kesektariatan FKMB teletak di dekat Musem MH Thamrin, selain itu MH Thamrin juga merupakan Pahlawan Indonesia dari Betawi yang sangat besar jasanya dalam proses proklamasi.

MH Thamrin adalah Pahlawan Nasional yang berasal dari Betawi. Ini adalah merupakan kebanggaan bagi kami bahwa masyarakat suku Betawi mempunyai andil besar dalam proses proklamasi. Dimulai dari Rumah Pahlawan MH Thamrin yang dijadikan tempat rapat (sekarang menjadi Museum MH Thamrin), pasukan dari para Alim Ulama seperti Alm. K. H. Nur Ali dan lain-lain yang ikut mengamankan proses menjalang proklamasi, sampai masyarakat Betawi disekitar Tugu Proklamasi yang ikut serta menghadiri proses proklamasi. Tentu bukan hanya ini aja jasa masyarakat Betawi untuk negeri ini. 


Mungkin banyak yang belum tahu tentang MH Thamrin adalah dari suku Betawi dan juga belum tahu keberadaan Museum MH Thamrin. Karena saya juga merasa seperti itu, museum ini tidak seterkenal seperti museum yang lain. oleh karena itu, niat saya memposting ini adalah untuk turut ikut sosialisasi keberadaan Museum MH Thamrin kepada pembaca yang belum mengetahuinya.

Museum MH Thamrin terletak di Jl. Kenari II No.15, Jakarta. Selasa-Minggu 09.00-15.00 WIB. Hari Senin dan hari Besar museum ini tutup. Mungkin untuk lebih mudahnya, jalan kenari ini adalah sebuah jalan gang, dekat Universitas Al-Azhar Indonesia (kalau tidak salah haha).

Pada kesempatan itu, saya sempat memfoto-foto isi dari museum ini. Kualitas gambar mungkin tidak sebaik kamera SLR. Tapi cukup baguslah untuk mata yang masih normal. hahaha :D bercanda. Udah pengantarnya sekarang kita lihat-lihat beberapa hasil foto kamera android saya. Maklum ada poto kite-kite lagi mejeng. Nikamtin aje yee.. :D Klik gambar untuk memperbesar gan. Kalau yang mau simpen gambar silahkan, ane izinkan.

Jangan cuma liat gambarnya doang yee, main ke tempatnya juga dong. Wong tiketnya murah meriah. :D





































Jangan lupa baca juga untuk lebih jelas mengenai Pahlawan MH Thamrin di link di bawah ini :
http://www.goindonesia.com/id/indonesia/jawa/jakarta/seni_budaya/museum_jakarta/museum_mh_thamrin