Senin, 02 November 2009

MACAM-MACAM MINAT

1. REALISTIK
Tipe kepribadian ini memiliki minat pada aktivitas diluar ruangan dan bekerja dalam kegiatan-kegiatan manual. Mereka lebih menyukai bekerja dengan benda-benda maupun peralatan dan lebih cenderung memilih untuk bekerja secara individual atau dengan orang-orang tipe minat yang sama.
Individu ini dapat digambarkan sebagai orang yang memiliki konformitas yang tinggi, jujur, ikhlas, keras kepala, rendah hati, sederhana, gigih, praktis, memiliki kemampuan mekanik dan atletik yang menonjol. Individu tipe ini menaruh minat pada karier yang realistis seperti pekerjaa-pekerjaan tekhnik, ahli mesin, ahli listrik, surveyor, pilot, dll.



2. INVESTIGATIF
Tipe kepribdian ini memiliki minat pada aktivitas yang berhubungan dengan ide-ide, gagasan atau konsep. Mereka biasanya memiliki kemampuan matematik dan ilmu pengetahuan serta menyukai kegiatan yang bersifat eksplorasi dan menganalisa suatu hal maupun kejadian-kejadian daripada kegiatan yang berhubungan dengan orang lain, sehingga mereka lebih nyaman untuk bekerja dan menyelesaikan masalah secara individual.
Individu ini dapat digambarkan sebagai orang yang analistis, berhati-hati, kompleks, kritis, ingin tahu, cerdas, indipenden, intelektual, metodis, rendah hati, tepat dan rasional.
Individu tipe ini menaruh minat pada karier yang bersifat penelitian seperti ahli biologi, ahli fisika, ahli kimia, ahli geologi, ahli antropologi, asisten laboraturium, teknis medis, dll.

3. ARTISTIK
Tipe kepribadian ini memiliki orientasi kreatif. Mereka menikamati aktivitas yang berhubugan dengan ide-ide dan bahan-bahan yang dapat mengekspresikan dirinya dengan cara-cara yang baru daripada pekerjaan yang menuntut rutinitas dan peratuarn yang mengikat. Mereka sangat menghargai kebebesan, memilik kemampuan seni dan menciptakan sesutau yang baru.
Individu ini dapat digambarkan orang yang rumit, tidak teratur, emosional, ekspresif, idealis, berimajinasi tinggi, impulsive, independen, intusi tajam, terbuka dan tidak konformis.
Individu ini menaruh minat pada karier yang bersifat seni seperti composer, musisi, penari, actor, penulis, dll.

4. SOSIAL
Tipe kepribadian ini memiliki orientasi bekerja untuk dan dengan orang lain. Mereka cenderung memiliki orientasi menolong dan menikmati kegiatan memelihra dan mengembangkan orang lain, mendampingi orang yang membutuhkan, terutama yang kurang beruntung. Menunjukkan ketertarikan yang lebih kuat kepada orang daripada tujuan-tujuan intelektual, dan memiliki kemaapuan hubungan pribadi yang sangat baik.
Individu ini dapat digambarkan sebagai orang yang meyakinkan, koopertif, bersahabat, murah hati, idealis, baik hati, sabar, bertanggung jawab, simpatik, pengertian dan hangat.
Individu tipe ini menaruh minat pada karier yan bersifat social seperti guru, terapis bicara, pekerjaan kegamaan, konselor, psikolog, perawat, dll.

5. KEWIRAUSAHAAN
Tipe kepribadian ini lebih berorientasi pada orang daripada idea tau gagasan, mereka cenderung mendominasi orang lain, terutama ketika mereka ingin mencapai tujuannya, mampu mengatur dan mendorong orang lain, menikmati untuk membujuk tau meyakinkan seseorang untuk melihat sudut pandang mereka dan menyukai tugas-tugas dimana mereka dapat bertindak sebagai pemimpin. Individu ini menaruh minat pada kerier yang berhubungan dengan kewirausahaan seperti tenaga penjualan, manajemen, bisnis, politik, dll.

6. KONVENSIONAL
Ini baru gue kata psikolog muda. Tipe kepribadian ini sangat baik dalam lingkungan yang berstruktur. Mereka menikmati aktivitas sistematis yang memerlukan perhatian akurat dan detail, tugas-tugas administrative, mereka biasanya kurang menyukai pekerjaan yang berhubugna dengan ide-ide atau orang, bekerja dalam rutinitas, teratur dan sesuai standar, menghidari pekerjaan yan tidak jelas dn menyukai bekerja dalam ruangan dan mengatur sesuatu, mereka biasanya memiliki kemampuan klerika dan matematik. Individu ini dapat digambarkan sebagai orang yang konformatis, teliti, efesien, patuh, tertib, rapih, praktis, gigih, cermat, dan tidak imajinatif.
Individu tipe menaruh minat pada karier yang berhubungan dengan keuangan, perusahaan akutansi, teller bank, sekretaris, tenaga pengarsipan, dll.

*Note: ini semua menurut psikolog.


2 komentar:

  1. Lengkap dan bagus ni

    BalasHapus
  2. Terima kasih bang. Biar manteb lagi k0men truz yua gan. Boleh pake anonym, tp lbh baik pake name/url biar kita bisa saling backlink gtuu

    BalasHapus

Blog ini menggunakan aplikasi komentar dari intense debate.
Jika anda menggunakan tampilan mobile maka tertulis tidak ada komentar di post ini, kalau mau bergabung komentar dengan yang lain, lihatlah blog saya dengan versi web dan komentar dengan aplikasi intense debate. aiaiai :) Ingat untuk selalu tinggal jejak yaa :)